Tutorial permak, mengganti resleting tas yang rusak

sekitar jam 10 pagi beberapa saat setelah buka kios menjahit, saya mendapatkan jahitan permak dari pelanggan berupa tas punggung berbahan kulit imitasi warna hitam yang bagian resletingnya tidak bisa di tutup dikarenakan tidak ada kepala resletingnya, sebenarnya jika saja saya punya stok kepala resleting maka bisa saja cuma di pasang kepala resletingnya saya, namun karena lagi kosong dan yang ada adalah resleting baru maka saya akan mengganti saja resleting tas ini dengan yang baru
bagian resleting yang rusak adalah bagian paling atas dari tas ini, seperti yang bisa anda lihat pada gambar berikut ini





untuk itu yang pertama harus di lakukan adalah membuang resleting lama yang masih menempel, jika kita buka jahitannya maka akan memakan waktu yang lama, oleh karenanya saya langsung mengguntingnya saja di bagian paling pinggir.



setelah resleting lama di buang selanjutnya kita tinggal memasang resleting baru, disini saya menggunakan resleting meteran, resleting jenis ini dijual di toko alat menjahit permeter dengan kepala resletingnya juga di jual terpisah, cara untuk menjahitnya kepinggiran tas dengan cara rel resletingnya di balik, untuk lebih jelas coba perhatikan  hasil setelah terjahit.




selanjutnya tinggal memasukan kepala resletingnya, disini saya menggunakan kepala resleting chrome, kita masukan sebelah dahulu rel resletingnya, baru kemudian yang sebelahnya lagi.







lalu masing-masing ujung resleting kita masukan kedalam tas dan kemudian jahit tindas di bagian dalam coba perhatikan hasil setelah di jahit tindas









setelah proses jahit tindas ujung resleting maka pengerjaan mengganti resleting ini selesai, silahkan di coba membuka dan menutup resleting tersebut apakah sudah bisa terbuka dan tertutup dengan lancar atau belum, jika masih ada bagian yang perlu di perbaiki maka harus dibongkar lagi.

dan seperti itulah cara saya dalam mengganti resleting tas, pengerjaannya sendiri membutuhkan waktu sekitar 20 menit, dan untuk jasa menjahitnya saya memasang harga Rp.10000

Comments

Popular posts from this blog