cara memasang resleting jepang menggunakan mesin jahit besar

untuk memasang resleting jepang menggunakan mesin jahit besar cara nya sedikit berbeda dengan jika menggunakan mesin jahit kecil yang berwarna hitam, jika pada mesin jahit hitam ada semacam sepatu khusus resleting jepang, maka tidak demikian untuk mesin jahit besar karena sepatu khusus tersebut tidak atau belum tersedia.

resleting jepang

sepatu khusus untuk memasang resleting jepang bisa anda beli dengan mudah di toko peralatan menjahit, harga nya cukup murah, hal ini dikarenakan material dasar untuk membuatnya yang hanya menggunakan plastik. dengan menggunakan sepatu ini maka cara memasang resleting jepang akan menjadi lebih mudah, karena kita tinggal memasukan ujung resleting kedalamnya lalu jalankan mesin, maka secara otomatis resleting ini terpasang.

sepatu resleting jepang untuk mesin jahit kecil


namun jika kita memasang resleting jepang ini menggunakan mesin jahit besar yang berkecepatan tinggi dan biasa di gunakan di konveksi atau garment, maka kita harus menggunakan sepatu sebelah untuk memasangnya. hal ini dikarenakan belum tersedianya sepatu khusus resleting jepang untuk mesin jahit besar ini.

sepatu sebelah untuk mesin jahit besar


salah satu cara yang paling mudah agar saat menjahit bagian pinggir resleting jepang ini agar jarum tidak meleset sehingga mengenai bagian rel resleting adalah dengan cara kita menjahit dahulu bagian pinggiran dari resleting jepang ini.




setelah bagian pinggiran kita jahit, maka proses memasang resleting lebih mudah untuk di lakukan, kita tinggal memposisikan sepatu sebelah ini agar jarum benar-benar berada pada pinggiran rel resleting, dan pada saat mesin dijalankan rel resleting ini kita buka dengan menggunakan tangan kita.



posisi jarum harus tepat berada di pinggir rel resleting jepang
sehingga jarum jahit tepat menjahit pada pinggiran rel dari resleting, hal ini sangat penting karena jika tidak tepat  misalnya terlalu keluar, maka saat sudah selesai bagian resleting jepang ini akan terlihat dan ini kurang rapih, karena seharusnya resleting jepang tidak terlihat maka nya di sebut juga dengan nama invisible zipper.

hasil pemasangan, bagian tubuh resleting jepang tidak terlihat dari luar

di pasaran ada banyak sekali merek dari resleting jepang, misalnya YKK, KCC, dan yang lainnya, resleting jepang ini biasa di gunakan untuk buka'an baju wanita semacam gamis, blouse atau gaun pesta dan lainnya, dan bisa juga untuk celana atau rok, pada beberapa model resleting jepang juga di gunakan pada bibir saku agar benda yang dimasukan kedalam saku tidak mudah jatuh.

demikian artikel yang bisa saya tulis pada postingan kali ini, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya, sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Comments

Popular posts from this blog