Cara menjahit baju wanita model leher v dengan hiasan spiral


Pada postingan kali ini saya ingin memberikan tutorial membuat baju wanita semacam blouse atau gamis yang mempunyai desain leher berbentuk V menggunakan variasi hiasan berbentuk spiral bertumpuk di sekeliling leher hingga tengah dada.



Hiasan berbentuk spiral ini terinspirasi dari bentuk pakaian petugas pengadilan negeri eropa jaman dahulu, yang menggunakan baju model seperti ini dan juga rambut palsu pada saat bertugas, namun jaman sekarang modelnya di buat lebih sederhana agar cocok di kenakan oleh orang, khususnya wanita jaman modern yang menginginkan keleluasan saat menggunakan pakaian.

Untuk itu yang pertama sekali kita buat pola dasar badan wanita dengan bentuk leher V yang sudah di lebihkan ukurannya di bagian badan pinggang dan pinggul untuk kelongggaran. Setelah itu kita tempelkan pola yang sudah kita buat pada kain yang akan di buat bajunya lalu gunting sesuai pola dengan memberikan kelebihan untuk jahitan kampuh sebesar 1,5 cm hingga 2 cm. 



Lalu kita gunting kain untuk di jadikan hiasan spiral dengan cara membentuk pola spiralnya di kain seperti bisa terlihat pada gambar di bawah ini, untuk lebar hiasan spiral ini adalah 8 cm, bisa lebih atau kurang dari itu tergantung keinginan.



Selanjutnya kita jahit neci bagian pinggiran dari hiasan spiral ini, lalu tempelkan pada leher hingga tengah dada, setelah itu di bagian leher kita berikan lapisan menggunakan bisban yang terbuat dari kain yang sama dengan kain baju. setelah hiasan spiral menempel dan juga di berikan lapisan di kerung lehernya adalah menyatukan bagian kiri dan kanan dari  pola depan tersebut lalu obras



Proses menjahit bagian depan baju sudah selesai, setelah itu tinggal di sambung dengan pola belakang baju dan pasang bagian lengannya, seterika hingga licin dan baju pun siap di gunakan.

Untuk lebih jelasnya bagaimana langkah pengerjaannya, maka silahkan di simak proses pembuatannya lewat video berikut ini.



Tutorial yang saya sampaikan di atas adalah masih dasar, nantinya bisa Anda kembangkan sendiri, mengkombinasikannya dengan pecah model yang lain, yang penting cocok dan terlihat bagus.

Dan kiranya cukup sekian apa yang bisa saya sampaikan pada postingan kali ini, sampai jumpa kembali pada postingan selanjutnya

Comments

Post a Comment

silahkan bertanya tentang tutorial ini jika belum mengerti

Popular posts from this blog