tutorial membuat pola cardigan kerah setali


Pada postingan kali ini saya ingin memberikan tutorial pecah pola Cardigan kerah setali dengan bagian bawah bergelombang, yang bisa di gunakan sebagai baju luar dan menambah bagus penampilan, untuk yang belum tahu, cardigan adalah semacam baju atasan wanita yang tidak menggunakan kancing di bagian depannya, biasanya panjang cardigan adalah sampai lutut, namun bisa juga lebih pendek atau panjang dari itu.


Sebagai ilustrasi bagi Anda tentang bagaimana hasil dari pola tersebut nantinya, silahkan melihat gambar berikut ini.



Pada gambar di atas terlihat bahwa bagian kerah yang di gunakan adalah kerah setali, kemudian bagian depannya bergelombang dan berlipat-lipat sehingga terlihat cantik saat di gunakan. Untuk membuat pola cardigan tersebut yang pertama kita lakukan adalah membuat pola dasar wanita. Selanjutnya kita tambah garis panjang dan lebar ke bawah dan depan seperti pada gambar di bawah ini.



Untuk pola belakangnya tidak mengalami perubahan yang berarti dari pola dasar nya, cukup kita tambahi seperti pada pola depan seperti berikut.



Kemudian untuk pola tangannya kita menggunakan pola tangan licin seperti berikut ini



Untuk pola lengan sendiri bisa di rubah sesuai dengan keinginan, seperti lengan lonceng atau lengan puncak. Dan gunakan lah jenis bahan jatuh, agar hasil dari cardigan ini lebih bagus, namun tidak mengapa juga jika ingin  menggunakan jenis bahan lainnya, semacam batik.

setelah anda membuat pola tersebut di kertas, selanjutnya tinggal di tempel pada kain dan gunting sesuai pola tersebut dengan memberikan lebihan untuk kampuh sebesar 1.5 sampai 2 cm, untuk susunan menjahitnya adalah sebagai berikut:

  • obras bagian pinggir dari pola depan dan belakang demikian juga bagian bahu dan juga bagian lengan
  • jahit sambung bagian lengan kemudian jahit sum keliman ujungnya
  • sambung bagian bahu dan bagian kerah setali nya, jika belum mengetahui tekhnik menjahit kerah setali bisa membaca tutorial saya yang lalu
  • sambung bagian pinggir dari pola depan dan belakang
  • pasang bagian lengan ke kerung lengan badan baju lalu obras pinggiran nya
  • untuk bukaan depan bisa di selesaikan dengan cara di neci, atau di jahit kelim kecil dengan menggunakan sepatu kelim yang ada corong nya

Pada gambar pola cardigan di atas di buat sederhana, tanpa banyaknya garis Bantu, hal ini karena saya yakin Anda sudah mengetahui pembuatan pola dasar wanita, namun bagi Anda yang belum mengetahui pola dasar wanita, bisa membaca artikel saya yang lalu.


Demikian postingan yang bisa saya sampaikan untuk kali ini, selamat mencoba dan terima kasih atas kunjungannya.

Comments

  1. mau tanya, kalau cara jahit cardigan kerah jas gimana ya? soalnya tanpa furing

    ReplyDelete

Post a Comment

silahkan bertanya tentang tutorial ini jika belum mengerti

Popular posts from this blog