tutorial membuat pola rok duyung



Selamat berjumpa kembali, untuk postingan kali ini saya ingin memberikan tutorial bagaimana cara membuat pola rok duyung dari pola dasar rok. Sebenarnya saya sudah lama ingin membuat postingan tentang pembuatan pola rok duyung ini, namun baru sempat kali ini.


Sebelum melangkah ke cara membuat pola nya, saya ingin sedikit menjelaskan apa itu rok duyung, karena mungkin saja ada yang masih belum mengetahui nya, mengingat rok jenis ini termasuk jenis rok yang di gunakan untuk padanan baju kebaya atau gaun pesta, jadi jika di tempat kursus, Anda baru akan mempelajari nya di tingkat mahir.

Rok duyung adalah rok yang mengecil di bagian lutut dan membesar di bagian bawahnya, jadi bentuk nya menyerupai sirip ikan, sehingga wanita yang mengenakannya akan terlihat anggun, dan karena bentuk nya yang seperti ini, maka rok ini kurang pantas jika digunakan sehari-hari, jadi di kenakannya untuk acara-acara yang bersifat formil seperti acara hajatan, pesta pernikahan dan yang lainnya. Karena nya bahan untuk menjahitnya pun harus lah  dari kain yang bagus, yang cocok adalah kain yang berkilau karena akan menambah kesan mewah. Namun tidak salah juga jika di buat dari kain lainnya seperti kain batik, atau kain tenunan songket, dan jika Anda masih tahap belajar maka bisa juga membuat rok jenis ini dari kain apa saja, misalnya karung terigu, hehehe.

Untuk ukuran lebar bagian bawah nya, itu bisa di sesuaikan dengan selera pelanggan menjahit kita, semakin lebar maka kebutuhan kain yang harus di pakai pun akan semakin banyak, namun yang menjadi kendala adalah, kebanyakan pelanggan menjahit kita hanya memberikan kain yang secukupnya, tetapi meminta di buatkan model yang lebar-lebar, hal ini tentu saja akan menyulitkan kita sebagai penjahit saat memotong kain tersebut.

Kebutuhan kain untuk membuat pola rok duyung ini tergantung panjang kaki dan besarnya bada pelanggan kita, untuk aman nya minta lah panjang kain sebanyak 2 meter, jika akan di buat dari kain batik atau songket maka biasanya memang panjang kainnya 2 meter, dan terkadang ada saja pelanggan yang ingin di buatkan rok kecil untuk anak nya jika ada sisa kain dari bahan yang dua meter tersebut, padahal tentu saja tidak cukup.

Jika saya sendiri, biasanya membuat ukuran untuk bagian lutut mempunyai diameter sebesar kurang lebih 80 cm, dan ukuran lebar bagian bawah sebesar 160 cm, jadi nya panjang kain yang di buat pola bisa di manfaatkan secara maksimal

Lantas ukuran apa saja yang harus kita persiapkan untuk membuat pola rok duyung ini, untuk itu Anda harus mempersiapkan pola sebagai berikut:

  1. lingkar pinggang, ukur dari bagian pinggang, tanyakan dahulu ingin di posisi manakah nantinya rok tersebut di kenakan, karena ada juga pelanggan yang ingin agar rok tersebut agak bawah dari pinggang, jika sudah tahu maka tempelkan ujung pita meteran dari satu titik di pinggang, lalu lilitkan meteran itu mengelilingi pinggang sampai bertemu kembali, pastikan pita meteran sama rata.
  2. lingkar pinggul, di ukur dari bagian pinggul yang paling besar, jika Anda laki-laki maka tempelkan pita meteran di pinggir pinggul lalu lilitkan mengelilingi pinggul sampai bertemu kembali dengan ujung meteran. Jangan menempelkan ujung pita meteran di bagian tengah depan atau belakang dari pinggul, karena kurang sopan
  3. tinggi lutut, di ukur dari pinggang sampai ke bagian lutut, namun berdasarkan pengalaman maka tinggi lutut wanita ini adalah 45 cm dari pinggang.
  4. panjang rok, ukurlah dari pinggang sampai di bawah mata kaki, tanyakan pada pelanggan kita, menggunakan selop atau sepatu nya apakah ber hak tinggi atau tidak, jika menggunakan hak tinggi maka kita harus melebihkan beberapa cm dari ukuran, biasanya di lebihkan 5 cm sudah cukup.

Nah itulah ukuran yang harus kita dapatkan untuk membuat pola rok duyung ini, selain dengan mengukur badan pelanggan, kita juga bisa mendapatkan ukuran dari rok yang sudah jadi. Dan jika sudah di dapat semua maka selanjutnya silahkan Anda buat pola dasar rok pada kertas seperti gambar berikut. untuk keterangan dan cara membuat pola dasar rok yang lebih lengkap bisa di baca pada tutorial saya yang lalu



Pada pola rok duyung yang akan saya pelajari di sini terdiri dari 8 sambungan, 4 di bagian depan, dan 4 di bagian belakang, dengan di buat sambungan maka lebar bagian bawa dari rok bisa di sesuaikan dengan keinginan. Dan Selanjutnya  dari bagian kupnat kita buat garis lurus sampai ke bawah, kemudian kita gunting.



Kemudian kita bentuk pas bagian lututnya dengan lebar masing-masing 10 cm, lalu bagian bawah rok masing-masing 20 cm, sehingga bentuk pola nya jadi seperti terlihat pada gambar, setelah di buat ukuran lutut akan menjadi 80 cm dan ukuran lebar bawahnya menjadi 160 cm, ini adalah ukuran standard dari rok duyung yang saya buat, hal ini tentu saja tidak baku, Anda boleh mengurangi atau pun melebihkan masing-masing dari ukuran tersebut, di sesuaikan dengan besarnya ukuran pelanggan jahit kita.



Dan seperti itulah pola dari rok duyung, selanjutnya kita tinggal tempatkan pola pada kain lalu di gunting dan di jahit, untuk urutan pola menjahit rok duyung ini sendiri adalah sebagai berikut:

  1. obraslah ke tujuh bagian kain pola rok, setelah itu gabungkan 3 bagian kain rok bagian depan.
  2. jahit sambung kain bagian belakang, lalu pasang resleting nya, untuk jenis resleting yang di gunakan bisa jenis biasa atau pun resleting jepang.
  3. jahit sambung kain rok bagian belakang dengan kain rok bagian depan, setelah itu gosok kampuh tiap sambungan agar terbelah.
  4. buat ban pinggang kemudian pasang  ke bagian pinggang rok, sebelum di pasang ukurlah dahulu besarnya lingkaran pinggang pada kain rok.
  5. jahit sum bagian ujung bawah rok dengan terlebih dahulu mengukur panjang rok nya agar sesuai dengan ukuran
  6. seterikan hingga licin dan pembuatan rok pun selesai tinggal di lipat dan di simpan di tempat yang bersih

untuk masing-masing tekhnik menjahit di atas, sudah saya berikan tutorial nya lewat postingan saya yang sudah lalu, silahkan di baca jika Anda belum mengetahui nya dengan melihat daftar isi dari blog ini yang terletak di bagian paling bawah.

dan agar lebih jelas lagi bagaimana proses pembuatan pola ini, saya sudah buatkan tutorial nya lewat video yang sudah saya unggah di yutub, silahkan di tonton jika bersedia:

 

pola rok duyung ini selain dari yang sudah saya berikan polanya di atas, ada juga yang terdiri dari 2 potongan, jadi pas bagian lutut di potong kemudian di sambung dengan kain yang sama maupun kain jenis lainnya dengan warna yang senada, dengan cara di buat kerut atau bentuk pola lingkaran. Dan ini merupakan pengembangan dari pola yang sudah saya sampaikan di atas.

Kiranya cukup sekian yang bisa sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa di mengerti dan terima kasih atas kunjungannya.

Comments

  1. Artikelnya sangat membantu.
    Tapi saya mau nanya kalau bkin gamis atau rok dyung biar hasil bawah nya bagus,mending pake cara diatas atau mending di sambung bagian lutut ke bwah?
    Trimakasih.

    ReplyDelete
  2. Depan belakang polanya sama gan?

    ReplyDelete
  3. Bisakah buat rok duyung yg langsung tampah sambungan gan ? Gmn polanya

    ReplyDelete
  4. Gan itu yg d video kalo mau gunting kain harus lipat 2 kan y

    ReplyDelete
  5. Gimana cara meletakan pola ke kain


    ReplyDelete
  6. Bagaimana cara meletakan pola duyung pada kain

    ReplyDelete
  7. Bagaimana cara meletakkan pola untuk membuat rok duyun

    ReplyDelete
  8. Bagaimana cara meletakkan pola untuk membuat rok duyun

    ReplyDelete
  9. Sangat membantu sekali
    Trimakasih

    ReplyDelete
  10. Terimakasih sebelumnya , kak saya kurang paham untuk bagian dengkul itu di ukur lingkar nya atau bisa dikurangi dari besar pinggil 5cm

    ReplyDelete

Post a Comment

silahkan bertanya tentang tutorial ini jika belum mengerti

Popular posts from this blog