cara menambal baju gamis yang bolong karena gigitan tikus



Selamat berjumpa kembali, lama juga saya tidak posting di blog ini, ini di sebabkan tidak adanya kamera yang bisa saya gunakan untuk memotret, jika di hitung sudah 3 kali saya ganti hp untuk foto-foto di blog ini, yang pertama saya menggunakan kamera dari HP Blackberry Gemini yang sekarang sudah rusak dan saya berikan ke teman, kemudian ganti menggunakan Nokia asha 200 yang rusak juga di masukan ke bak air oleh anak saya yang baru berumur 1 tahun, dan terakhir menggunakan  HP Samsung J1 mini yang sayangnya harus di jual untuk kebutuhan mendadak. Yang tersisa hanya camcorder saya, namun sayang tidak bisa di gunakan untuk memotret, sebagai gantinya saya memperbanyak membuat video untuk youtube dan nulis di blog ini pun terlupakan.


Sebenarnya banyak artikel tentang tekhnik jahit yang ingin saya tulis sebagai contohnya bagaimana cara memasang kembali kancing jaket jeans yang sudah copot, cara membuat kerah shanghai dengan kerutan di bagian atasnya dan masih banyak lagi, namun karena alasan yang sudah saya kemukakan di atas, terpaksa harus di tunda dahulu. Untuk tulisan kali ini Kebetulan ada teman yang datang berkunjung sambil membawa hp nokia 5233 nya, akhirnya saya pinjam saja dulu sebentar untuk keperluan memotret.

dan di postingan kali ini saya akan memberikan tutorial permak menambal baju gamis yang bolong, gamis ini milik tetangga saya, berbahan kaos belang berwarna abu dan biru tua yang bagian bawahnya bolong karena di gigit tikus. Sebetulnya ada juga pakaian lainnya yang minta di permak namun sepertinya sudah pernah saya posting tekhnik permaknya.



  •  seperti inilah bentuk sobekan di gamis tersebut, ini jelas karena gigitan tikus





  • Untuk menambal bagian yang bolong ini saya menggunakan kain yang warna nya agak mirip yaitu abu-abu, saya menempelkannya di bagian dalam gamis dan dapat menutupi bagian yang belubang tersebut.





  • Setelah itu  saya mulai dengan menjahit sekeliling pinggiran yang bolong tersebut, disini saya menjahitnya persegi, Anda bisa saja menjahitnya berbentuk lain semisal lingkaran atau segitiga. Maksud dari jahitan ini agar posisi kain di bagian bawah tidak bergeser saya di lakukan jahit tisik nantinya.





  • Kemudian proses menjahit tisik pun di mulai, saya menjahitnya dengan cara zig-zag dan saling silang sampai seluruh daerah yang sobek atau bolong tersebut terjahit dan tentu saja tidak melewati jahitan pertama yang berbentuk kotak agar terlihat bagus. Agar lebih mudah sepatu mesin agak di angkat sedikit supaya proses menarik dan mendorong kain baju lebih gampang.





  • Dan setelah dirasa  cukup saya menghentikan proses menjahit tisik tersebut, sehingga hasil nya adalah seperti gambar berikut.





  • Untuk kain abu-abu yang di gunakan untuk menambal di bagian dalam saya gunting sampai hanya tersisa sedikit saja, yaitu di bagian jahitan tisik.





  • Nah kira-kira seperti inilah hasilnya.




Untuk hasil jahit tisik yang lebih bagus, Anda bisa menggunakan jahitan zig-zag dari mesin jahit portable jika Anda memilikinya, dan jangan lupa untuk menggunakan benang jahit yang sama dengan warna kain baju nya.

Sebenarnya selain cara jahit tisik seperti yang sudah saya jelaskan di atas, kita bisa saja membuang bagian kain yang bolong tersebut kemudian di ganti dengan kain lain dan hasilnya akan terlihat lebih rapih, namun karena saya tidak ada bahan kaos yang sama seperti gamis tersebut maka saya gunakan saja cara jahit tisik.

Jahitan tisik ini banyak di gunakan pada celana jeans yang sudah butut dan belel, namun penggunanya masih enggan membuangnya karena masih di rasa enak di gunakan padahal sebenarnya celana tersebut sudah layak di jadikan kain pel. Biasanya celana yang bolong sobek ini di bagian pantat dan dengkul.

Jika saat ini Anda belum terbiasa menjahit tisik, silahkan di latih tekhniknya agar lancar dan terbiasa, karena suatu saat pasti akan berguna.

Nah kiranya cukup sekian untuk postingan saya kali ini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel saya yang lain, terima kasih untuk kunjungannya, dan saya harap jangan bosan mampir di blog sederhana ini.

Comments

Popular posts from this blog