cara membuat tespan atau tahi ulat kancing kait



Selamat berjumpa kembali, untuk artikel kali ini saya ingin memberikan tutorial cara membuat tespan, buat yang belum tahu, tespan di buat dari benang jahit yang di lilit sedemikian rupa sehingga membentuk seperti tahi ulat, di gunakan sebagai pasangan kancing kait.


Tespan biasanya di buat pada rok wiron, kebaya yang menggunakan tali sengkelit pada bef nya, kemben, gaun pesta, dan tempat-tempat lain pada busana yang memerlukannya, fungsinya untuk merekatkan bukaan baju agar lebih rapat lagi, jika pada kelepak jas bagian kiri biasanya di gunakan untuk menyelipkan bunga.

Lalu kenapa harus di buat tespan, bukankah kancing kait sudah ada pasangannya? Pasangan kancing kait yang dari besi akan kurang bagus jika di pasang untuk baju kebaya atau baju pesta tersebut, berbeda jika kita membuat tespan tersebut karena bisa di sesuaikan dengan warna dari baju nya.

Untuk membuat tespan ini cukup mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama, cukup beberapa menit saja, untuk pembuatannya sendiri adalah sebagai berikut, silahkan disimak:

  • Pertama masukan 2 helai benang ke lubang jarum tangan, sehingga hasilnya adalah 4 lembar benang, jangan lupa kunci bagian bawahnya dengan cara di lilit. setelah itu tusukan jarum ke kain yang ingin di buat tespannya dari bagian dalam kain hingga keluar, tusukan jarum sekali lagi ke bagian dalam, atur jarak nya, biasanya panjang tespan sekitar 0.5 sampai 1 cm.



  • Kemudian kuncilah jahitan dengan cara melilitkan benang jahit, agar panjang tespan tidak berubah saat di buat, lalu tusukan kembali jarum hingga keluar tepat pada tempat tusukan jarum kedua. Sekarang kita mulai pembuatannya seperti gambar berikut ini









  • Lakukan terus cara diatas, dari ujung ke ujung sampai selesai, setelah itu tusukan jarum ke bagian dalam kain 



  • dan kunci jahitannya dengan cara melilit seperti gambar berikut.



  • Pembuatan tespan ini pun selesai, jika di lakukan dengan benar maka hasil akhirnya adalah seperti pada gambar berikut ini.



Jika belum terbiasa, terkadang bentuk lilitannya tidak sama besarnya dan bagian ujungnya berbelok, karenanya teruslah berlatih dengan cara membuatnya sebanyak beberapa puluh kali sampai tercipta bentuk yang sempurna. jika masih bingung dengan penjelasan di atas, silahkan menonton video tutorialnya berikut ini:



Kiranya cukup sekian artikel yang bisa saya sampaikan pada postingan kali ini, semoga bermanfaat, terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa pada tutorial berikutnya.

Comments

  1. Terima kasih banyak, artikelnya sangat membantu untuk bisa membuat tespan dengan lebih baik. Ijin share.

    ReplyDelete

Post a Comment

silahkan bertanya tentang tutorial ini jika belum mengerti

Popular posts from this blog