gambar pola celana rok atau kulot berikut keterangannya



Celana rok biasa di sebut juga dengan nama kulot ialah sebuah celana yang sama lebar di bagian pinggul ke bawah kaki celana, sehingga pada saat di gunakan tampak seperti rok, padahal itu sebuah celana. Celana jenis ini cocok di gunakan untuk aktivitas non formal seperti bersantai, karena saat di pakai  celana kulot ini mampu memberikan rasa nyaman karena longgar bagi pengguna nya.


Untuk pola celana rok yang akan saya berikan pola nya ini adalah celana rok yang memakai lipit di bagian depan dan belakangnya, sehingga tampak seperti rok lipit hadap (rok SMU), mungkin bentuknya kurang lebih sama seperti hakama yang di gunakan oleh samurai jepang. untuk seragam pramuka anak siswi SD sekarang ini juga menggunakan rok kulot, jadi pada saat diam tampak seperti rok, namun pada saat berjalan baru terlihat kalau itu sebuah celana, dan bentuk celana kulot nya sama persis dengan pola yang akan saya berikan kali ini.

Dan berikut ini adalah pola dari celana rok tersebut



Untuk keterangan dari pola tersebut adalah sebagai berikut:

A-B         : ¼ lingkar pinggang
A-C         : tinggi pinggul
A-E         : panjang rok
C-D         : ¼ lingkar pinggul
E-F          : ¼ lingkar pinggul +3 cm
A-L         : tinggi duduk + 1/10 tinggi duduk
L1-R       : 8 cm – 10 cm
L1-R1     : 10 cm – 12 cm
A-A1      : 12 cm – 16 cm
Untuk menjahit celana ini tidak terlalu sulit, karena proses nya sama seperti menjahit celana biasa, untuk ban pinggang, bisa menggunakan karet elastic maupun tidak, dan sebagai bukaan di bagian depan karena celana ini menggunakan lipit maka disarankan menggunakan resleting jepang agar lebih mudah saat pemasangannya, pemasangan resleting ini pun tidak mutlak, bisa saja tidak menggunakannya, jika ukuran celana tersebut di buat besar,
Sementara untuk bagian sisi celana, kita bisa memberikan saku celana agar lebih memudahkan pengguna celana tersebut jika ingin menyimpan sesuatu, semacam HP, dompet dan yang lainnya.

Dulu waktu kursus menjahit, saya praktek membuat celana rok ini di tingkat terampil, saya sempat beberapa kali membuatnya agar lebih paham bagaimana cara nya, tidak lupa saya selalu mencatat apa yang di katakan oleh guru kursus waktu itu untuk di pelajari kembali di rumah, karena saat kursus Anda hanya memperoleh pelajaran praktek membuat busana ini satu kali saja setelah itu melangkah ke materi yang baru, jadi jika tidak di catat dan di praktekan kembali di rumah, yang terjadi  adalah kita lupa kembali apa yang sudah di pelajari tersebut, dan inilah sebenarnya yang banyak membuat gagal siswa kursus menjahit dalam mempelajari ilmu menjahit. Sehingga kursus berbulan-bulan dengan biaya mahal namun hasilnya tidak ada.

Kiranya cukup sekian apa yang bisa saya sampaikan untuk postingan kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi Anda yang saat ini sedang membutuhkan pola celana rok atau kulot ini, untuk tekhnik menjahitnya bisa Anda baca pada artikel yang sudah saya tulis di waktu yang lalu, untuk itu Anda bisa melihatnya di daftar isi blog ini. Terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa di artikel saya yang lainnya

Comments

  1. Thanks for sharing!. Mau bikin baju dan celana sendiri tapi malas jika harus mengukur dan membuat polanya?. Tenang anda bisa memanfaatkan pola celana kulot siap pakai dari Fitinline.

    ReplyDelete

Post a Comment

silahkan bertanya tentang tutorial ini jika belum mengerti

Popular posts from this blog