cara memasang kancing kait atau kancing hak yang di jahit pada ban pinggang celana atau rok



Kancing hak jahit adalah sebuah kancing kait yang di pasang pada celana atau rok yang berfungsi agar bukaan celana atau rok tersebut tertutup dengan sempurna, ada dua macam kancing hak ini di pasaran, yang pertama adalah kancing hak ketok yang pemasangannya harus di ketok dengan menggunakan palu, tank, obeng, gunting atau benda keras lainnya, dan kancing hak jahit yang pemasangannya harus di jahit secara manual dengan menggunakan jarum tangan.


Kancing hak ketok harus di pasang pada ban celana atau rok sebelum ban celana atau rok tersebut selesai di jahit sementara kancing hak jahit kebalikannya, yaitu harus di jahit setelah ban celana atau rok tersebut selesai di jahit. Perbedaan dari kancing kedua kancing hak ini adalah jika kancing hak jahit ini di gunakan untuk celana atau rok wanita dan anak-anak, sementara  jika celana yang di jahit adalah celana pria maka harus menggunakan kancing hak yang di ketok, karena kurang bagus jika menggunakan kancing hak jahit.

Pada postingan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana tekhnik memasang kancing hak jahit ini secara benar,  kuat dan juga rapih, karena pemasangan yang tidak benar akan mengakibatkan kancing ini mudah terlepas, sementara jika di jahit kurang rapih akan mempengaruhi pada bentuk dari celana atau rok itu sendiri, yaitu kurang terlihat bagus saat di pandang, dan akan mengakibatkan pelanggan merasa sedikit kecewa terhadap hasil jahitan kita. Jadi disamping kuat juga harus rapih.

Tidak perlu panjang lebar lagi, silahkan Anda simak cara memasang kancing hak jahit ini sebagai berikut, disini saya mempunyai sebuah jahitan rok yang sudah jadi dan tinggal di pasang kancing hak nya.



Pertama kita siapkan dahulu kancing hak kait tersebut, yang terdiri dari dua buah, satu berbentuk segitiga dan yang satunya lagi berbentuk lurus, nantinya yang berbentuk segitiga ini akan mengait ke kancing yang bentuk lurus. Posisi nya sendiri adalah kancing hak yang berbentuk segitiga akan berada di atas kancing hak yang lurus.



Kemudian masukan dua helai atau lembar benang jahit ke jarum tangan, sehingga hasil akhirnya aka nada 4 lembar benang yang berada pada lubang jarum tangan, bisa juga lebih banyak misalnya 6 lembar benang yang di masukan, sehingga akan menjadi lebih kuat lagi nantinya, jangan lupa untuk mengunci ujung nya membentuk bulatan agar tidak terlepas kembali saat di tusukan ke kain nantinya.



Setelah jarum tangan ada benangnya, awali lah dengan memberikan tanda menggunakan kapur jahit di tempat yang akan di pasang kancing hak ini pada ban celana atau rok, lalu tusukanlah jarum tangan ke kain pada tanda kapur tersebut, setelah itu masukan jarum kelubang kancing hak pada bagian belakangnya terlebih dahulu.



Belitkan benang jahit ke bagian lubang kancing hak sebanyak tiga kali ( bisa juga lebih banyak)





Setelah itu tusukan jarum ke kain dan harus keluar tepat di posisi lubang kancing hak yang lain



kemudian belitkan kembali benang jahit tersebut sebanyak 3 kali juga.



Lakukan sampai semua lubang terbelit oleh benang jahit, sebagai penyelesaian kita harus mengunci jahitan tersebut agar tidak terlepas kembali, cara nya dengan memasukan jarum ke lubang kancing hak, dan sebelum benang di tarik semua, belitkan jarum ke benang tersebut kemudian tarik habis semua, lakukan sebanyak dua kali.



Terakhir tusukan jarum ka dalam ban celana atau rok sejauh mungkin



 kemudian gunting lah benang tersebut, maksud dan tujuan dari  melakukan hal ini adalah agar ada sisa benang pada kuncian, dan ini merupakan rahasia agar jahitan tersebut bisa menjadi kuat dan tidak mudah terlepas



proses menjahit kancing hak  untuk yang berbentuk segitiga sudah selesai, sekarang kita lanjutkan menjahit kancing hak yang satu nya yang berbentuk lurus.

Seperti proses menjahit kancing hak yang berbentuk segitiga, awali lah dengan menusukan jarum tangan ke kain hingga benangnya tertanam di kain ban pinggang, setelah itu masukan  jarum ke lubang kancing hak.



Belitkan benang sebanyak tiga kali atau lebih 



Jika dirasa sudah kuat tusukan jarum ke kain hingga tembus ke dekat lubang kancing hak yang satu nya. tusukan jarum harus di tengah tengah kain ban pinggang dan jangan sampai tembus keluar



Lakukan membelitkan benang tersebut seperti ke lubang kancing hak yang satunya, Setelah itu tusukan jarum tangan agar tembus ke bagian belakang ban pinggang dan kemudian kunci jahitan benang tersebut agar tidak terlepas kembali






Tusukan jarum tangan ke ban pinggang sejauh mungkin


Kemudian gunting ujung ujungnya.



Lakukan pengetesan dengan cara mengaitkan kancing hak satu sama lain, jika dirasa sudah bagus maka proses pengerjaan memasang kancing hak jahi ini pun selesai,  dan dengan cara yang sudah saya berikan di atas, di jamin kancing tersebut bisa kuat tertempel di ban pinggang celana atau rok untuk waktu yang sangat lama.



Kancing hak jahit ini sendiri di toko alat menjahit mempunyai beberapa jenis, namun yang umum di gunakan adalah yang seperti  di atas, jika membelinya anda hendak membelinya bisa satuan namun biasanya dalam bentuk lusinan, di jual dengan harga yang tidak terlalu mahal, jika di kota bogor, harga satu lusin kancing hak jahit ini di toko langganan saya adalah Rp. 3500 namun harga ini seperti nya bisa lebih murah jika kita membelinya dalam jumlah yang lebih besar.
Demikian tutorial cara memasang kancing hak jahit yang bisa saya sampaikan kali ini, semoga bisa memberikan manfaat bagi Anda, terima kasih atas kunjungannya dan silahkan membaca artikel saya yang lainnya.

Comments

Popular posts from this blog