cara praktis membuang karet pada bagian belakang gamis payung



Model gamis payung atau gamis yang bagian bawahnya lebar sebenarnya terbuat dari dua bagian, bagian yang mengembang seperti payung tersebut di mulai dari bagian pinggang ke bawah. Untuk lebar nya sendiri, ada yang di potong dari kain setengah lingkar ada juga yang satu lingkar penuh.


Untuk memotong model payung tersebut sangat mudah, kita hanya tinggal melipat selembar kain menjadi dua, kemudian menentukan besar lingkar pinggangnya dan panjangnya, dan selanjutnya tinggal memotong kain tersebut.

Untuk baju gamis sendiri, banyak yang menggunakan variasi berupa karet di bagian pinggang yang menjadi persambungan antara kain bagian atas dan bagian bawah, cara memasang karet nya sendiri adalah setelah kain di satukan dan di obras, selanjutnya kedua ujung karet di jahit pada bagian sisi kiri dan kanan baju tepat di bagian ujung kain, kemudian ujung kain tersebut di tutupkan ke karet tersebut kemudian di jahit tindas.



Jika kita membuat sendiri gamis jenis ini, tentu saja model bisa menyesuaikan tergantung keinginan, apakah akan di pasang karet atau tidak, namun lain halnya jika  kita membeli gamis dari toko, yang modelnya berkaret di bagian belakangnya, sementara kita tidak menginginkannya, maka kita harus membuang karet tersebut.

Untuk membuang karet dari pinggang gamis tersebut ada cara mudah yang bisa di lakukan, dan pada tutorial kali ini saya akan memberikan caranya, yaitu sebagai berikut:


  • Pertama kita buka sedikit jahitan tindas di bagian pinggir, namun jika karet terjahit juga oleh jahit tindas ini, maka kita harus membuka seluruh jahitannya.





  • Setelah itu balik gamis sehingga yang terlihat adalah bagian dalamnya, di bagian dalam tinggal kita gunting saja karet tersebut hingga putus, maka akan setelah putus dan terlepas otomatis kerutannya akan hilang, 





  • Setelah itu tinggal kita jahit kembali, jahitan tindas di bagian depan yang kita buka sedikit tadi.





  • Agar kain tersebut tidak terlihat masih berkerut, tinggal kita gosok saja dengan setrika panas, atur suhunya agar cocok sesuai dengan kain baju.




Setelah proses tersebut, baju gamis pun siap untuk di gunakan. Dan demikian artikel yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini, jika masih kurang mengerti silahkan bertanya di kolom komentar.

Comments

Popular posts from this blog