cara menjahit karet pada ujung sprei



Selamat datang, di postingan kali ini saya akan mencoba memberikan tutorial bagaimana menjahit karet di bagian pinggir sebuah sprei. Sebagaimana sudah kita ketahui bersama bahwa fungsi dari sprei adalah sebagai pelapis atau pembungkus kasur agar tidak menjadi kotor.

Tutorial ini sebagai pelengkap dari tutorial saya yang lalu yaitu cara menjahit sarung bantal dan guling, silahkan membacanya jika Anda berkenan.


Sprei sendiri mempunyai berbagai ukuran, di sesuaikan dengan ukuran kasur nya, dan biasanya saat kita membeli di bedakan dengan nomor 1, 2 atau 3, jadi kita tinggal mencari yang sesuai dengan ukuran kasur yang kita miliki dirumah.

Ukuran sprei yang paling besar kalau tidak salah adalah 220 cm x 200 cm dan yang paling kecil berukuran 90 cm x 200 cm, tapi jika Anda hendak membuatnya silahkan di ukur terlebih dahulu kasurnya panjang, lebar dan tingginya, dan ukuran ini nantinya yang akan menentukan besaran bahan sprei yang kita butuhkan.

Sebagai ilustrasi bentuk sprei yang biasa kita gunakan adalah sebagai berikut, terdiri dari panjang, lebar dan tinggi, untuk tinggi biasanya antara 15 sampai 25 cm.



Disini misalkan kita akan membuat sprei dengan ukuran lebar 120 cm dan panjang 200 cm maka harus di tambahi dengan tinggi 20 cm di tambah 3 cm untuk jahit keliman. Agar lebih mudah di mengerti silahkan melihat gambar di bawah.



Setelah ukuran sprei kita ketahui selanjutnya menyiapkan bahan sprei tersebut, bahan ini bisa kita beli di toko kain yang menyediakan bahan sprei, bahan sprei ini lebih lebar jika di bandingkan dengan bahan kain baju., jika Anda hendak membuat sprei dari bahan untuk kain baju, maka harus di sambung karena kurang lebar, dan cara menjahit sambungnya menggunakan jahitan kampuh perancis.


Selanjutnya jika bahan sudah tersedia, maka kita jahit kelim ke empat sisi kain tersebut



Lalu kita lipat ujungnya secara menyerong, kemudian lipat kembali sekali lagi, setelah itu kita ukur sepanjang 20 cm menyesuaikan dari tinggi sprei tersebut, kemudian jahit.





Jika sudah ukur jarak untuk jahitan karet, biasanya 40 cm, bagi dua jaraknya dari jahitan yang sudah kita buat tadi, dan berilah tanda dengan kapur, untuk karet nya kita membutuhkan karet dengan panjang 20 cm, jahit lah ujung karet di tanda kapur tersebut, kemudian ujung karet satunya tempelkan pada kain sprei di tanda kapur sebelahnya dengan cara memberikan jarum pentul, jika sudah terbiasa bisa juga dengan hanya di pegang.





Selanjutnya jahitlah sekeliling karet dengan cara manarik karet tersebut hingga melar, sama dengan panjang kain sprei.



Hasil dari jahitan pemasangan karet pada sudut sprei akan terlihat seperti gambar di bawah ini.



Demikian lah cara untuk menjahit karet pada sudut sprei, ada juga sprei yang membungkus kasur seluruhnya dengan menggunakan bukaan berupa resleting, nanti akan saya buat tutorialnya di lain waktu.

oh iya hampir lupa, agar lebih jelas lagi bagaimana proses pembuatannya mungkin lebih baik jika menonton saja langsung artikel ini lewat video yang sudah unggah di youtube, silahkan menonton video nya di bawah ini


kebetulan pada video tersebut jari telunjuk tangan saya kuku nya terlepas saat proses permak membuang paku kelingan celana jeans pada bulan puasa kemarin, saking buru-burunya.

Akhirnya cukup sampai disini tutorial yang bisa saya berikan kali ini, semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya. Sampai jumpa pada tutorial selanjutnya.

Comments

  1. Kak, saya mau bikin sarung bangku segi empat ukuran lebar 40 cm, panjang 40cm, tinggi 40 cm, apakah rumus bikin sprei ini bisa diaplikasikan juga, Kak?

    ReplyDelete

Post a Comment

silahkan bertanya tentang tutorial ini jika belum mengerti

Popular posts from this blog