cara mengecilkan manset tangan jaket berbahan parasit



Selamat berjumpa kembali, kali ini saya mendapat jahitan permak berupa sebuah jaket berbahan parasit berwarna hitam dengan bagian dalam berwarna kuning, jaket ini bagian luar dan dalamnya sama jadi bisa di bolak balik, jika bosan dengan warna hitam kita cukup membalik jaket tersebut maka akan menjadi kuning.




Jaket ini menggunakan bahan rip pada bagian ujung manset tangannya, bahan rip ini semacam bahan kaos namun bisa melar seperti karet elastis, dan khusus di peruntukan untuk di pasang pada bagian ujung tangan atau pun kerah jaket.



Kasus nya adalah manset berbahan rip ini sudah kendur, sehingga saat di gunakan tidak pas dengan tangan, seperti yang bisa Anda lihat di bawah ini. Dan yang punya jaket ini ingin agar saya mengecilkannya.



Untuk mengecilkannya yang pertama saya membuka sebagian jahitan diujung tangan yang menjadi tempat menempelnya manset tersebut.



saat di ukur manset ini mempunyai lingkaran 22 cm, dan saya akan buat menjadi 16 cm maka ada 6 cm yang harus di buang 



Manset ini saat di pasang pada posisi terlipat dua, maka saya balik lipatannya, kemudian memberikan tanda dengan kapur jahit sebesar 3 cm.



kemudian di jahit tepat di tanda kapur, pada bagian tengah saya memberikan jarum pentul agar lebih mudah saat di jahit.



Setelah di jahit  bagian lebihannya jadi lebih besar, karena itu saya gunting agar lebih mudah saat di balik dan tidak menjadi tebal



Setelah selesai maka manset ini sudah menjadi kecil



sekarang tinggal memasang kembali pada ujung tangan yang tadi di buka, karena ini adalah jaket yang bagaian luar dan dalam nya sama, maka biasanya saat di jahit di pabrik bukaan untuk membalik jaket tersebut terletak di bagian saku, dan benar saja setelah saya cari berada pada saku kanan bagian yang kuning, maka tinggal kita buka saja.



Selanjutnya saya mengambil ujung tangan tersebut dengan cara mengodok dari lubang saku jaket



Karena manset kita kecilkan maka bagian ujung tangan tersebut harus di kecilkan juga, agar memudahkan saat di jahit, disini saya kecilkan sebesar 2 cm



Setelah itu tinggal kita jahit kembali manset ke bagian ujung tangan



Lalu kita keluarkan tangan tersebut dari lubang saku dan jahit kembali lubang sakunya. 



Dan proses pengerjaan mengecilkan manset jaket ini pun selesai, hasilnya terlihat seperti gambar berikut ini



Pada jaket yang tidak bolak-balik atau yang bagian luar dan dalamnya tidak sama, biasanya jahitan untuk membalik jaket tersebut terletak di bagian tangan vuring. Atau bisa juga dengan membuka sedikit jahitan bagian depan jaket yang ada resletingnya.

Demikian cara saya untuk mengecilkan manset jaket, semoga bisa bermanfaat buat Anda yang saat ini mempunyai jahitan yang sama seperti ini, terima kasih atas kunjungannya dan silahkan membaca artikel saya yang lainnya.

Comments

  1. Bagaimana cara nya mengecilkan lengan tangan jaket bomber yg kebesaran ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika jaket meenggunakan vuring, maka sobek dulu vuringnya sedikit untuk membalik keluar jaket tersebut, setelah itu beru di tandai sesuai ukuran yang di kehendaki , setelah selesai di jahit tinggal di balik kembali kain jaket lewat lubang di vuring yang tadi kita buat, perasaan saya sudah buat tutorialnya, coba di lihat-lihat artikel saya yang label jahit permak, terima kasih sudah mampir

      Delete
  2. Terima jasa kecilkan jaket kebesaran jg gak? Vermak total dari ukuran xl ke ukuran fit L? Jaketnya berbahan wterproff,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, saya sendiri sering mendapatkan jaket seperti itu untuk di kecilkan

      Delete
  3. Permak jaket bomber dr ukuran xl ke s bisa tidak yaa??

    ReplyDelete
  4. Halo2, ada kontak wa nya ga mas?, jaket parasut ku lengannya melar. Tapi mansetnya bukan bahan rip,, dia full parasut. Seperti karetnya melar didalam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kontak wa tidak ada mbak, kl karet di dalamnya sudah melar ya tinggal di ganti saja dengan yang baru, cara nya hampir sama kok dengan tutorial di atas

      Delete
  5. Bagaimana cara melenturkan/melamaskan kembali rip ujung lengan yg kaku

    ReplyDelete
  6. Punya saya rip ujung lengannya kaku, cara mengembalikan kesemula bagaimana, apa perlu diganti atau tdk. Klo diganti yg ada dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika sudah kaku dan tidak bisa lentur, maka solusinya jika tidak ada gantinya, maka masukan saja karet elastik lebar 3 cm ke dalamnya, panjang dari karet elastiknya sesuaikan saja dengan lingkar pergelangan tangan

      Delete
  7. halo, jaket yg ada tudungnya apakah bisa di kecilkan agar jadi lebih pendek? tetapi di bagian bawahnya terdapat kantong apakah tetap bisa di kecilkan?

    ReplyDelete
  8. Mengganti rib leher di jaket apa kah bisa mas ??

    ReplyDelete

Post a Comment

silahkan bertanya tentang tutorial ini jika belum mengerti

Popular posts from this blog