cara mudah membuat golbi celana wanita

Golbi merupakan bagian celana yang berfungsi sebagai tempat menempelkan risleting pada sebuah celana. Golbi terdiri dari dua bagian yaitu golbi kiri dan golbi kanan, biasanya celana yang menggunakan golbi ini adalah celana yang dipasangi risleting biasa, karena jika  celana tersebut menggunakan risleting jepang maka golbi ini tidak di butuhkan.


Fungsi lain dari golbi adalah sebagai penghalang jika suatu ketika kita lupa untuk menutup risleting, jadi yang terlihat adalah bagian golbi ini bukannya bagian celana dalam kita.

Sedangkan untuk pembuatannya sendiri di bedakan antara golbi untuk pria atau untuk wanita. Celana wanita lebih mudah dalam membuat nya karena tidak perlu di lapis oleh kain vuring dari kain saku, tidak seperti gulbi untuk celana pria yang harus di lapis oleh vuring yang sama dengan kain saku.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat golbi untuk celana wanita terlebih dahulu, karena cara pembuatan golbi ini lebih mudah untuk di kerjakan bahkan oleh penjahit pemula.

Untuk langkah-langkah pengerjaan nya sendiri adalah sebagai berikut ini:


  • Guntinglah kain untuk golbi dari kain sisa celana dengan bentuk dan ukuran seperti gambar di bawah ini




  • Gunting juga kain pislin dengan ukuran dan bentuk yang sama kemudian tempelkan ke kain golbi tersebut dengan cara di gosok dengan setrika. Untuk golbi kanan gosok sambil dilipat




  • Setelah itu obras lah dengan menggunakan mesin obras kedua golbi tersebut pada masing-masing bagian pinggirnya.




  • Dan proses pembuatannya pun selesai. Hasil akhir dari pembuatan golbi celana wanita ini akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini, Anda tinggal memasangkan risleting pada bagian pinggir gulbi sebelah kanan yang berbentuk segitiga



Sebenarnya cara pembuatan golbi seperti yang sudah saya sampaikan diatas bisa juga di gunakan untuk pembuatan celana pria dewasa dan anak-anak, tapi yang perlu di ingat adalah golbi jenis ini hanya boleh digunakan untuk celana yang tidak terlalu membutuhkan kerapian tinggi, contohnya seperti celana seragam sekolah.

Agar lebih jelas bagaimana prosesnya, silahkan menonton video di bawah ini.



Kiranya cukup sekian tutorial yang bisa saya sampaikan kali ini. Jika belum bisa membuatnya silahkan Anda mencoba cara yang sudah saya sampaikan, terima kasih atas kunjungannya dan silahkan membaca artikel saya yang lainnya dan sampai jumpa pada tutorial berikutnya,



Comments

Post a Comment

silahkan bertanya tentang tutorial ini jika belum mengerti

Popular posts from this blog