cara membuat variasi jahitan benang timbul atau benang stik



Selamat berjumpa kembali, pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan memberikan tutorial bagaimana proses menjahit benang stik, atau benang timbul, untuk variasi pada pembuatan baju wanita, semacam gamis, busana muslim, blus, blazer, dan lain sebagainya.


Benang stik memiliki ukuran yang besar jika di bandingkan dengan benang jahit katun pada umumnya, warna dari benang stik ini lebih mengkilap karena memang di khususkan untuk variasi atau hiasan pada baju.

Beberapa bagian baju yang biasa menggunakan variasi dari benang stik ini misalnya bagian ujung tangan, bagian dada, pinggang, kerah, manset, ujung bawah baju, dan bagian lainnya di sesuaikan dengan model baju yang di jahit.

Sebenarnya tidak sulit untuk menjahit benang jenis ini, karena proses nya sama dengan menjahit biasa, tapi karena benang ini lebih besar dari benang biasa, maka ada beberapa setingan pada mesin jahit yang harus sedikit di rubah agar menghasilkan jahitan yang bagus.

Untuk lebih jelas bagaimana proses menjahit benang timbul pada baju ini, silahkan Anda simak penjelasan yang akan saya paparkan di bawah ini:

Pertama sekali siapkan benang timbul yang akan di jahit pada bagian baju, jika Anda belum mengetahui seperti apa benang tersebut, berikut ini adalah penampakannya



Setelah itu gulunglah benang ini pada palet mesin, lalu masukan ke sekoci mesin, setelah itu putar baud pada sekoci mesin sebanyak dua putaran, untuk mengendurkan kulit bawang pada sekoci, hati-hati jangan sampai baud sekoci ini terlepas karena akan sulit ditemukan.



Jika sudah atur langkah mesin pada posisi lebar dengan cara memutar kenop pengatur nya, jika sudah putar juga congcot mesin beberapa kali agar lebih kencang dalam menjepit benang atas



Proses menyeting mesin jahit selesai, lalu berikan pislin pada bagian kain yang akan di jahit benang stik, kain ini haruslah kain yang polos agar benang ini terlihat, pastikan kain ini warna nya sama dengan warna baju nya, sedangkan pislin berfungsi agar kain tidak berkerut saat benang di jahitkan di atasnya.



Setelah itu pasang kain tersebut ke kain baju, dalam contoh disini saya memasangkan ke bagian ujung tangan. Tapi tergantung modelnya juga, ada juga yang bisa di jahit dahulu kemudian baru di pasang.



Jika sudah mulailah menjahit benang timbul ini pada bagian dalam kain, jahitlah berjajar dengan jarak sebesar ukuran sepatu yang paling besar atau sekitar 6 mili meter, usahakan sama rata jarak jahitan yang satu dengan lainnya agar tampak bagus.



Setelah terjahit perhatikan bentuk dari benang timbul ini apakah sudah bagus atau belum, jika belum maka ulangilah kembali penjahitan dengan terlebih dahulu membuang jahitan yang pertama, dan jika sudah bagus dan dilakukan dengan benar maka hasil akhir dari penjahitan benang stik ini akan terlihat seperti gambar berikut ini.



Sebenarnya benang stik ini bisa kita buat sendiri dengan cara menggabungkan benang jahit katun sebanyak 8 helai, tapi ini hanya cocok dilakukan untuk variasi jahitan yang membutuhkan sedikit benang ini, jika butuh banyak maka gunakanlah benang stik seperti di atas.

Demikianlah tutorial menjahit benang stik atau benang timbul yang bisa saya berikan pada kesempatan kali ini semoga bisa memberikan manfaat bagi Anda yang membutuhkan, terima kasih atas kedatangannya dan silahkan membaca artikel saya yang lainnya, jangan lupa untuk membagikannya ke yang lain jika ada yang membutuhkan tutorial ini.

Comments

  1. Saya udah coba beberapa kali kok gak bisa ya..

    ReplyDelete
  2. Jaitanya kok lurus aja ya benang atasnya gak ketarik padahal cenotnya udh disetel.. rolong masukanya ya

    ReplyDelete
  3. Jaitanya kok lurus aja ya benang atasnya gak ketarik padahal cenotnya udh disetel.. rolong masukanya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelan sekoci yang di bagian bawahnya kurang longgar itu mbak, dan untuk congcot di mesin coba lebih di kencangkan. sebaiknyadi sediakan satu buah sekoci khusus untuk menjahit benang timbul jadi tidak perlu menyetel nyetel kembali jika akan menjahit benang tersebut

      Delete
  4. bisa di mesin jahit hitam ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. benang stik ini bisa di aplikasikan dengan menggunakan mesin apa saja, karena posisi nya yang berada di palet sekoci bagian bawah, namun pastikan setingan mesinnya mengikuti petunjuk yang sudah saya sampaikan diatas, terima kasih atas kunjungannya mbak

      Delete
  5. Kalo untuk mesin jahit biasa/klasik bisa apa gk ya pakai benang timbul/tindes?? Apa hanya perlu ganti jenis sepatu jahit aja??

    ReplyDelete

Post a Comment

silahkan bertanya tentang tutorial ini jika belum mengerti

Popular posts from this blog