cara membuat placket (bagian depan) pada kemeja kerja



Bagian depan kemeja di sebut juga placket kalau dalam bahasa inggris nya, untuk kemeja pria di bagian kanan placket ini terdapat buah baju atau kancing sedangkan di bagian kiri nya terdapat rumah kancing atau lubang kancing.


Sedangkan fungsi dari placket ini adalah agar baju setelah di pakai bisa di tutup bagian depannya dengan cara mengancingkan baju tersebut, dan demikian pula jika akan di lepas maka tinggal membuka kancingnya. (kalau itu semua juga sudah tahu kayaknya, hehehe)

pada kemeja kerja seperti baju seragam PNS, satpam, sopir, buruh pabrik dan yang lainnya. Biasanya bagian kiri placket ini, yaitu pada bagian yang ada lubang kancingnya di buat dengan variasi 4 buah jahitan. Untuk membuat jahitan seperti ini ada tekhniknya, dan pada tutorial kali ini saya akan memberikan cara pembuatannya.

Sebenarnya ada dua cara yang bisa di gunakan untuk menjahit placket seperti ini, yang pertama bisa di gunakan jika bahan baju bagian dalam dan luarnya sama, dan cara yang kedua untuk bagian dalam dan luarnya tidak sama, pada tutorial kali ini saya akan memberikan cara yang kedua karena ini adalah cara yang umum di gunakan.

Dan berikut ini adalah langkah-langkah cara menjahit bagian depan placket kemeja kerja, silahkan di simak:


  • Pertama pastikan lebihan ujung kemeja bagian depan adalah sebesar 4.5 cm





  • Setelah itu ukur lah dari ujung selebar 3.5 cm dan berikan tanda dengan kapur jahit 





  • Gunting kain pislin selebar 3.5 cm juga lalu tempelkan dengan cara di setrika tepat pada tanda kapur jahit





  • Lipat ujung lebihan kain bagian depan sehingga menutupi kain pislin yang sudah menempel ke kain baju





  • Jika sudah lipat sekali lagi sehingga lipatan pertama terbungkus oleh lipatan kedua





  • Ukuran lipatan harus sama rata dari ujung atas sampai bawah yaitu 3.5 cm, berikan jarum pentul jika perlu, kemudian pada posisi ini jahitlah bagian ujungnya dengan lebar 6 mm atau selebar bagian sepatu mesin yang paling besar.





  • Setelah di jahit, buka lipatan dan jahit sekali lagi sehingga bagian ujungnya menempel pada kain baju dan jahitan menjadi 2 jalur





  • Lakukan menjahit sebanyak 2 jalur juga pada bagian ujung baju sehingga sekarang jahitan menjadi 4 buah jalur, yang harus di perhatikan adalah lebar dari masing-masing jalur ini harus sama rata agar terlihat bagus





  • Jika kita balik maka bentuk nya akan terlihat seperti berikut.




Demikian cara untuk membuat bagian ujung kemeja kerja atau placket kemeja, dalam usaha menjahit pasti kita akan banyak mendapatkan pesanan pembuatan seragam kerja oleh karena nya kita harus mampu menguasai tekhnik membuat placket seperti ini, silahkan Anda mempraktekan cara yang saya berikan di atas, jika saat ini belum bisa. Silahkan bertanya di kolom komentar jika masih ada yang belum di mengerti dan terima kasih atas kunjungannya. Silahkan membaca artikel saya yang lainnya.

Comments

Popular posts from this blog