cara cepat belajar menjahit saku tempel model bulat

Kantong tempel model bulat pada bagian bawahnya biasanya di pasang pada kemeja, baik pria maupun wanita, kantong model ini memberikan kesan kalem dan non formal jika di bandingkan dengan kantong tempel dengan model siku pada ujung bawahnya yang biasanya di gunakan untuk seragam.
bagi seorang penjahit pemula, membuat dan menjahit kantong model ini ada kesulitan tersendiri, karena kita harus membentuk bulat bagian bawah kantong tersebut, padahal jika sudah tahu cara nya sebenarnya sangat mudah sekali dalam pembuatannya yaitu dengan menggunakan pola karton dan setrika.


untuk lebih jelasnya  bagai mana cara pembuatannya, berikut ini adalah tutorial langkah-langkah pengerjaannya:

  • pertama kita buat pola kantong kemeja dengan menggunakan karton bekas yang agak tebal, jangan terlalu tebal juga jangan terlalu tipis, disini saya menggunakan karton bekas bungkus susu formula. untuk ukuran standar kantong kemeja yaitu 12x14 cm atau sesuai selera Anda.


  • selanjutnya siapkan bahan kain kantong lalu jahit pada bagian atasnya, disini saya bedakan benangnya agar lebih terlihat


  • kemudian tempatkan karton pola di atas kain kantong


  • selanjutnya gosok dengan menggunakan setrika panas, lipat pinggir kain kantong mengikuti pola kantong pada karton


  • untuk bagian yang membulat perhatikan cara melipat pinggiran kain di bawah ini


  • setelah proses menyetrika selesai maka hasil akhir akan tampak seperti gambar di bawah ini, yaitu kain kantong harus sama persis dengan bentuk pola pada karton, jika belum sama setrikalah kembali



  • selanjutnya Anda tinggal memasangnya ke kain baju, jika bentuk saku tidak ingin berubah maka berikan jarum pentul di beberapa bagiannya kemudian jahit seperti biasa.



jika sudah di jahit maka prosesnya pembuatan dan pemasangan kantong pun selesai, Anda juga bisa menggunakan cara ini untuk membuat kantong model lainnya agar lebih mudah dan lebih rapi hasilnya pada saat di pasang.

kiranya cukup sampai disini tutorial yang bisa saya berikan pada kesempatan kali ini, sampai jumpa pada tutorial berikutnya, terima kasih atas kunjungan Anda, dan silahkan membaca artikel saya yang lain.

Popular posts from this blog