cara mudah mengganti resleting rok yang rusak



Seorang ibu datang kepada saya siang ini, dia membawa beberapa pakaian untuk di permak, salah satunya adalah sebuah rok pramuka yang risletingnya rusak dan minta untuk diganti dengan yang baru.

Untuk mengganti risleting rok sangat mudah sekali, karena rok sekolah tidak memakai gulbi maka tidak terlalu banyak yang harus di bongkar, cukup membuang risleting lama kemudian memasang risleting yang baru.

Pada artikel ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara penggantian risleting rok ini karena walaupun mudah kalau belum tahu pasti menjadi sulit. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  • Yang pertama sekali harus di lakukan adalah membuang risleting lama, buka juga sebagian ban pinggang nya.



  • Setelah itu tempelkan bagian bawah risleting bagian kanan yang ada besinya ke kain rok tepat di bagian sambungan kain, agar posisi risleting tidak bergeser pada saat di jahit beri jarum pentul pada bagian itu.



  • Kemudian jahit dimulai dari bagian atas sampai ke bagian bawah. Jika sudah masukan ujung kain yang sudah terpasang risleting ke dalam ban pinggang lalu jahit tindas pada bagian sisi ban.


Tarik risleting sampai menutup dan mentok ke ujung, lalu tutupkan kain rok sebelah kiri sehingga menutupi kain rok sebelah kanan. Jika sudah dirasa pas berilah jarum pentul pada sisi nya agar posisi tidak berubah, disini saya tidak menggunakan jarum pentul karena sudah terbiasa.


  • Lalu jahit rok dari atas di mulai dari posisi bagian bawah risleting tepat di bawah bagian besi risleting, kira-kira sekitar 3 langkah mesin jahit dan ingat jangan sampai kena besi nya karena akan mengakibatkan jarum menjadi patah atau bengkok. Kemudian belokan jahitan dan lanjutkan menjahit ke atas.



  • Jika sudah maka gunting lah lebihan ujung risleting lalu masukan ujung kain rok kedalam ban lalu jahit tindas bagian sisi ban pinggang



  • Sampai sini pemasangan risleting pun selesai dan hasil akhirnya bisa di lihat seperti gambar di bawah ini




selain untuk permak, cara memasang resleting rok  ini juga bisa di gunakan untuk menjahit resleting pada  rok yang baru di jahit


Terima kasih atas kesedian Anda meluangkan waktu membaca artikel ini, silahkan membaca artikel saya yang lain dan jika dirasa bermanfaat silahkan membagikannya kepada teman-teman Anda.

Popular posts from this blog