gambar pola blazer berikut keterangannya



Untuk pola busana yang akan saya share pada postingan kali ini ialah gambar pola blazer yang merupakan pakaian resmi dan biasa di gunakan oleh wanita saat bekerja kantoran, atau untuk seragam mengajar ibu guru sekolah, untuk model blazer ini banyak sekali macam dan ragamnya, namun disini saya akan memberikan pola yang paling mudah, namun sering di minta untuk membuatnya, nantinya melalui pola ini Anda bisa berkreasi sendiri untuk menambahi variasi di sana sini.


Walaupun merupakan pakaian resmi untuk seragam kantor, namun blazer lebih mudah membuatnya, karena pola badannya ialah pola badan biasa dan bukan pola badan jas, untuk bagian dalam Anda bisa memberikan vuring, dan bisa juga tidak, Gambar pola dari blazer ini adalah sebagai berikut:


Keterangan gambarnya ialah, pertama kita buat pola dasar badan wanita terlebih dahulu sesuai ukuran yang di inginkan, setelah itu kita buat perubahan dari pola dasar itu sesuai ukuran yang tertera pada gambar di atas, untuk saku biasanya adalah 6 cm di bawah pinggang, bisa menggunakan saku bertutup bisa juga tidak.

Di bagian belakang terdiri dari 2 bagian, jadi bagian tengahnya ada sambungan dengan memberikan kupnat di bagian kiri dan kanannya, biasanya bagian tengah ini kita berikan lebihan sekitar 3 sampai 4 cm, ini ada maksudnya, yaitu agar mudah jika ingin membesarkan blazer tersebut suatu saat.

Untuk pola kerahnya coba perhatikan bagian kerah yang saya berikan warna merah, itu adalah kerahnya, jadi kita buat pola kerah seperti itu, sehingga bentuknya adalah sebagai berikut:
 

Untuk pola kerah ini kita bisa menggantinya dengan pola yang lebih sederhana, seperti kerah shanghai, shiler dan lainnya, tergantung dari keinginan pelanggan kita.
Kemudian untuk pola lengan dari blazer ini bisa kita tentukan mau menggunakan pola jas atau menggunakan pola lengan biasa, untuk pola lengan jas silahkan anda baca di artikel saya yang lalu.


Pada gambar pola di atas itu hanya menggunakan lapisan pada bagian depannya jadi cara menjahitnya lebih mudah, untuk urutan pengerjaan yang saya lakukan biasanya ialah sebagai berikut:

Pertama sekali obras bagian pinggiran dari pola depan dan belakang yang sekiranya bakal bersambungan satu sama lainnya, kemudian buat lapisan blazer dan pasang  di bagian depan  dari pola depan blazer.
Jahit kedua kupnat kanan dan kiri dari pola depan kemudian buat saku, dan tutup saku sampai jadi
Jahit kedua bagian kain pola bagian depan lalu jahit kupnat kanan dan kirinya
Jahit satukan bagian bahu pola depan dan belakang, juga bagian sisi baju
Jahit bagian lengan sampai jadi kemudian pasang ke kerung tangan,lalu obras
Buat kerah dari pola yang sudah ada sampai jadi lalu pasang ke kerungan leher
Buat rumah kancing kemudian pasang kancingnya, biasanya kancing yang di gunakan adalah kancing jas
Setrika hingga licin kemudian lipat masukan ke kantong plastik, atau bisa juga di gantung dan masukan ke dalam lemari.

Demikianlah gambar pola blazer silahkan di catat dan pelajari, karena jenis baju ini sering juga yang membuatnya, dan biasanya pembuatan blazer ini satu stel dengan rok span, namun ada juga yang menggunakan celana untuk bawahannya. Akhirnya saya ucapkan terima kasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel saya yang berikutnya.

Comments

  1. Lapisan vuringnya gimna jahitnya bagian dpn?

    ReplyDelete
  2. Lapisan vuringnya gimna jahitnya bagian dpn?

    ReplyDelete

Post a Comment

silahkan bertanya tentang tutorial ini jika belum mengerti

Popular posts from this blog