cara cepat membuat dan memasang kerah shanghai standar jahitan konveksi



Selamat berjumpa kembali bagi yang sudah pernah  berkunjung ke blog ini, dan selamat datang bagi yang baru pertama nyasar kesini, hehe. Dalam artikel kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana membuat kerah baju shanghai tekhnik cepat, yang biasa di gunakan dalam pembuatan baju dalam skala besar di konveksi atau garment.


Karena bukan termasuk jenis jahitan halus maka untuk tingkat kerapian kerah shanghai jenis ini kurang memenuhi standar jahit tailor atau butik, jika Anda ingin mengetahui cara membuat kerah shanghai dengan tekhnik jahit halus, bisa membaca artikel saya yang lalu.


Kerah shanghai adalah kerah tegak atau berdiri yang di buat tanpa kelepak atau daun kerah seperti kerah kemeja, sebetulnya kerah ini khusus untuk shanghai dress dari Negara china, akan tetapi sekarang di adopsi untuk di gunakan oleh berbagai macam jenis pakaian baik pria maupun wanita.

Biasanya pola untuk kerah shanghai ini adalah bukan kerah shanghai rebah, tapi hanya sedikit membengkok pada ujungnya, dan hampir sama dengan pola kerah kemeja bagian kaki nya, bahkan cara pemasangannya pun sama dengan cara pemasangan kerah kemeja, hanya saja posisi menjahit nya di balik di bagian dalam kerungan leher baju terlebih dahulu.

Untuk lebih jelas bagaimana cara proses pembuatan kerah shanghai ini, maka berikut adalah langkah-langkah pengerjaannya silahkan di simak:


  • Pertama kita buat pola kerah shanghai pada kain keras kerah yaitu staplek, setelah itu gunting sehingga membentuk seperti pada gambar





  • Kemudian kita gosok dengan setrika panas sampai menempel ke kain peralatan kerah





  • Setelah itu kita lipat kain pada bagian kaki kerah kemudian jahit dengan di berikan jarak sekitar 5 mm dari pinggir, karena ini hanya berupa contoh maka disini saya menggunakan benang yang berbeda untuk menjahit, mohon tidak di permasalahkan.





  • Jahit sekeliling pola kerah tersebut dengan di gabung pada kain kerah yang sebelahnya, setelah itu gunting, sisakan sekitar 4 mili, kemudian balik keluar.





  • Jika sudah selanjutnya kita tempel ke kerungan leher pada baju di bagian dalam, pada tengah nya berikan jarum pentul, setelah itu jahit dari ujung ke ujung.





  • Balik lah kerah tersebut sehingga menutupi ujung kain jahitan pertama, selanjutnya jahitlah sekelilingnya.





  • Dan berikut ini adalah hasil akhir dari pembuatan dan pemasangan kerah tersebut pada leher baju tersebut.




Di karenakan tingkat kerapiannya kurang, maka jika Anda penjahit rumahan dan menerima order jahitan dari perorangan maka jangan gunakan cara yang sudah saya berikan di atas dalam menyelesaikan jahitan baju, kecuali untuk jahitan baju skala besar seperti  untuk konveksi atau garment.

Sementara jika ingin mengetahui cara membuat kerah shanghai untuk baju-baju wanita,  seperti baju kurung gamis, baju muslim, blouse dan dress yang menggunakan risleting jepang pada bagian belakangnya maka silahkan membaca artikel saya yang lalu.


Kiranya cukup sekian tutorial yang bisa saya berikan kali ini, semoga bermanfaat silahkan di praktekan dan terima kasih atas kunjungan Anda, sebelum pergi silahkan melihat-lihat daftar isi blog ini siapa tahu ada tutorial jahitan lainnya yang Anda butuhkan.

Comments

Popular posts from this blog