cara mudah mengecilkan kaos yang berukuran besar



Baju kaos adalah baju yang bisa di pakai untuk sehari-hari maupun untuk bekerja, baju kaos sangat popular di masyarakat, hampir semua orang baik laki-laki maupun wanita, dewasa dan anak-anak saat ini mempunyai baju berbahan  kaos.


Untuk kaos pria biasanya terdiri dari dua jenis, yaitu kaos oblong yang bagian lehernya bulat, dan kaos wangki yang mempunyai kerah dan bukaan yang menggunakan kancing pada bagian depannya.

sementara bahan kaos sendiri terdiri dari beberapa jenis seperti bahan TC dan Combed,  bahan combed terasa adem dan nyaman saat di gunakan karena bahan dasar nya terbuat dari campuran kapas dan ester yang bisa menyerap keringat

Banyak usaha konveksi maupun garment yang memproduksi baju kaos tersebut, kaos oblong yang berbahan dasar TC yang panas jika di pakai karena tidak bisa menyerap keringat biasanya pesanannya membludak menjelang masa kampanye pemilu di pesan oleh banyak partai politik untuk di bagikan kepada massa yang menjadi simpatisan agar mau memilihnya.

Tentu saja harga kaos tersebut berbeda sesuai dengan bahan dasar yang di gunakan, semakin mahal maka akan semakin nyaman saat di gunakan dan sebaliknya. Apalagi jika kaos tersebut Anda beli di toko distro yang desain gambar nya berbeda untuk satu kaos dengan kaos lainnya.

Cara menjahit kaos sendiri cukup mudah yaitu dengan menggunakan mesin obras jarum dua untuk menyatukan setiap sambungan dan mesin overdeck untuk mengelim bagian lengan dan bawah baju, sementara untuk kerah dan jahitan stik menggunakan mesin jahit.

Karena harga jual kaos ini terbilang murah meriah di tambah dengan pengerjaan nya yang mudah, maka berdampak pada upah pengerjaan yang murah juga, dulu saya pernah mencoba bekerja di konveksi kaos wangki di daerah cibinong Bogor, untuk harga menyambung bagian tangan dan badan di bayar 200 rupiah sementara untuk menjahit kerah 400 rupiah dan bagian lainnya pun tidak berbeda jauh, sehingga biaya keseluruhan untuk upah pengerjaan satu baju kaos ini hanya 1400 rupiah.

Untuk permak kaos yang kebesaran menjadi kecil sebenarnya sangat mudah, biasa nya saya banyak mendapatkan order permak kaos dari pelanggan untuk mengecilkan kaos seragam olahraga sekolah atau seragam kerja, karena jenis kaos tersebut di dapat secara pembagian, jadi tidak bisa memilih ukuran yang pas dengan badan karena jumlahnya terbatas atau terkadang ukurannya sama semuanya.

Karena order permak kaos ini cukup sering ada, maka ada baiknya jika kita mampu menguasai cara permak yang mudah cepat dan rapi dalam pengerjaannya, oleh karena hal tersebut maka pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial cara menjahit permak kaos yang kebesaran, silahkan Anda simak langkah-langkah pengerjaannya sebagai berikut:

  • Pada contoh kali ini anggap saja pelanggan tersebut memberikan kaos contoh yang ukurannya pas di badan dan kaos yang akan di kecilkan, pertama kita taruh kaos yang akan di kecilkan tersebut pada meja atau lantai yang bersih kemudian taruh kaos yang menjadi ukuran di atas nya, atur agar pada bagian sama rata



  • Setelah itu kita tandai kaos yang akan di kecilkan dengan kapur sesuai ukuran kaos contoh, baik itu besar nya maupun panjangnya. Setelah proses penandaan selesai kemudian gunting kaos tersebut dengan memberikan lebihan untuk jahitan sebesar sekitar 5 mili


  • selanjutnya tinggal kita jahit seperti biasa, yaitu menggabungkan bagian tangan dengan bagian badan kemudian jahit bagian sisi nya


  • jika sudah di jahit, jangan lupa untuk mengobras seluruh bagian ujung kain tersebut agar terlihat lebih rapi


  • setelah itu tinggal mengelim bagian ujung baju bisa dengan di lipat kemudian di jahit atau di obras dahulu baru di jahit, agar sama seperti jahitan mesin overdeck Anda bisa menjahitnya sebanyak dua jalur juga


  • sampai di sini proses pengerjaan selesai, agar lebih rapi Anda bisa menyetrika baju kaos tersebut, sebelum dilipat lakukan pengecekan apakah kaos tersebut sama ukurannya dengan baju kaos yang menjadi contoh ukuran dengan cara menyamakannya seperti gambar berikut ini.



Baju kaos adalah baju dengan pola sederhana jadi cara permak mengecilkan baju yang saya sampaikan di atas adalah khusus untuk baju kaos, jangan di gunakan untuk jenis pakaian lain seperti pakaian wanita atau jenis pakaian lain yang berbeda bahan dan modelnya, untuk menghindari kesalahan fatal yang mungkin bisa terjadi. Untuk mengecilkan pakaian berbahan dasar lain akan saya berikan tutorialnya di lain waktu.

jika Anda masih bingung dengan penjelasan saya di atas, Anda bisa menonton tutorial ini dalam bentuk video yang sudah saya unggah di youtube, silahkan menontonnya disini

Demikianlah tutorial cara permak kaos yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat, dan tak lupa saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kunjungan Anda dan silahkan membaca artikel saya yang lainnya,.

Comments

Post a Comment

silahkan bertanya tentang tutorial ini jika belum mengerti

Popular posts from this blog