cara membuat bantalan baju untuk baju wanita



Dengan menggunakan bantalan bahu maka bahu akan terlihat datar,  biasanya wanita yang bentuk bahunya lebih turun akan menggunakan  bantalan bahu tersebut pada pakaiannya.

Biasanya jenis pakaian yang menggunakan bantalan bahu berupa busa yang diberi lapisan kain ini adalah jas wanita seperti blazer, tapi banyak juga baju-baju lain menggunakannya, seperti gamis, blus, baju muslim dan lain-lain.

Untuk membuatnya sedikit agak susah, karena busa untuk bantalan bahu ini berbentuk melengkung, dan lapisan kain yang membungkusnya harus mengikuti bentuk lengkungannya, di beberapa butik saat mencari karyawan tukang jahit, biasanya memberikan tes berupa membuat bantalan bahu tersebut.

Jika usaha menjahit yang kita jalani adalah tailor yang mengkhususkan membuat dan menjahit baju-baju pria, pembuatan bantalan bahu ini tentu akan jarang di temui, hal ini berbanding terbalik jika kita membuka usaha atau bekerja di modiste yang banyak menjahit baju-baju wanita, tentu ilmu pembuatan bantalan bahu ini akan sangat bermanfaat.

Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan memberikan cara bagaimana membuat bantalan bahu tersebut agar hasilnya bagus. Berikut ini adalah langkah-langkah pengerjaannya silahkan di simak:

  • Saat kita membeli busa bantalan ini di toko alat jahit biasanya masih berupa lembaran segi empat.



  • Untuk itu guntinglah  secara melengkung pada salah satu bagiannya, sesuaikan besarnya dengan panjang lebar baju pada pakaian


  • Lipat kain untuk melapis busa tersebut secara menyerong agar bisa mengikuti bentuk lengkungan dari busa tersebut, tempatkan busa di bagian pinggir lipatan kain kemudian gunting kain mengikuti bentuk lengkungan busa


  • Berikan tanda kapur pada jarak sekitar 2 cm dari pinggir lipatan kain tersebut



  • Kemudian pasangkan perekat bagian kasar pada tanda kapur tersebut, perekat yang halus akan di pasang pada bagian bahu, jangan sampai terbalik karena jika terbalik maka akan terasa gatal saat di pakai.


  • Setelah selesai pemasangan perekat selanjutnya lapis busa dengan menggunakan kain tersebut, pada bagian tengah lengkungan berikan jarum pentul agar posisinya tidak berubah, selanjutnya jahit dari ujung ke ujung sambil busa di bentuk melengkung dan kain lapisan di tarik-tarik agar tidak ada yang berkerut.


  • Jika sudah di jahit selanjutnya guntinglah bagian pinggirnya dengan hanya memberikan lebihan sekitar 1 mili dari jahitan.



  • Selanjutnya obras bagian lengkungan, pastikan jahitan ikut ter obras juga, pada gambar ini obrasan nya berbeda warna karena hanya merupakan contoh, jika membuat bantalan yang sebenarnya maka samakan warna obrasannya. Dan hasil akhirnya harus terlihat seperti pada gambar, yaitu berbentuk melengkung siap di pasang pada bahu baju.


Selain cara di atas sebenarnya masih ada cara lain untuk membuat bantalan bahu ini, yaitu dengan membuat lapisan dari dua lembar kain serong yang berbeda ukurannya kemudian di satukan dan selanjutnya di gunakan untuk melapis busa tersebut. Tapi cara ini kurang praktis karena pengerjaannya lama walaupun hasil nya lebih baik.

Demikian cara membuat bantalan bahu semoga bermanfaat bagi Anda, jika saat ini belum bisa membuatnya silahkan mempraktekan cara yang sudah saya sampaikan di atas, sampai jumpa pada tutorial berikutnya.

Comments

Popular posts from this blog