cara mudah memotong baju yang kepanjangan - permak pakaian



selamat datang di penjahitgoblog,  setelah sebelumnya saya memberikan tutorial  bagaimana cara memotong celana, maka pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial cara mudah memotong baju. Tutorial ini bisa Anda terapkan untuk memotong baju pria maupun wanita.



sebuah kekurangan jika kita membeli baju yang sudah jadi adalah panjang baju tersebut, terlalu panjang saat di pakai, maka banyak pelanggan menjahit saya yang akhirnya memotong baju tersebut sesuai dengan keinginannya. Untuk memotong sebuah baju tidaklah terlalu sulit untuk di lakukan, dan waktu pengerjaannya pun tidak membutuhkan waktu lama asalkan kita tahu cara nya.

Satu hal yang harus di perhatikan saat memotong baju adalah harus sama rata antara sisi kanan dan kirinya, depan dan belakangnya. Jika saat ini Anda belum tahu cara memotong baju, maka ada baiknya menyimak tutorial yang akan saya berikan yaitu sebagai berikut:

  • Pertama kita letakan ujung meteran pada bagian baju paling atas, letaknya adalah pada kerungan leher.




  • Kedua luruskan meteran sampai batas panjang baju yang di kehendaki  kemudian berikan tanda dengan kapur




  • Ketiga letakan penggaris panjang secara horizontal pada baju tersebut tepat pada tanda kapur, kemudian garislah sampai sisi kiri dan kanan baju tertandai dengan kapur tersebut




  • Keempat sambil masih menahan penggaris Anda singkapkan ujung baju sampai menutupi penggaris lalu tandai dengan kapur pada bagian bawahnya mengikuti penggaris tersebut setelah itu guntinglah baju tersebut, berikan lebihan dari tanda kapur selebar 5 cm (bisa kurang atau lebih) untuk keliman.




  • Kelima lipat dua kali lebihan baju tersebut sehingga menjadi 2.5 cm lalu jahit dari ujung ke ujung nya, perhatikan saat menjahit agar jahit keliman sama rata, jika masih susah rata, coba lakukan dengan menahan napas.





Tapi jika Anda berencana akan mengelim dengan tusuk soom maka jangan di lipat dua kali melainkan sekali saja, tapi ujung nya di  obras terlebih dahulu



  • Keenam setelah di jahit maka hasil akhir akan terlihat seperti pada gambar, yang harus di perhatikan jika akan menjahit baju yang terdapat belahan di tengahnya seperti kemeja, adalah baik ujung kiri maupun kanan harus sama rata.




Demikian tutorial cara mudah memotong baju yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa memberikan manfa’at bagi Anda yang membutuhkan khususnya pejahit pemula, silahkan membagikan ke yang lain jika ada yang memerlukan.

Popular posts from this blog