cara membuat pola celana langsung di kain celana



Selamat berjumpa kembali, jika Anda saat ini masih penjahit pemula, mungkin masih membuat pola celana dari kertas untuk memotong kain celana karena masih merasa khawatir takut terjadi kesalahan jika membuat pola celana tersebut langsung di kain celana, oleh karena nya pada postingan kali ini saya akan sedikit berbagi tekhnik membuat pola langsung di kain celana, agar Anda tidak merasa khawatir lagi.


Sebenarnya untuk membuat pola langsung di kain celana sangat mudah, yang penting kita sudah paham bagaimana teori membuat pola celana tersebut, jika membuat pola celana ini di kertas biasanya kita membuat nya sekaligus, antara pola depan dan belakang untuk selanjutnya baru di tempel di kain, di geser-geser letaknya agar pas baru kemudian di gunting.

Namun agak berbeda jika Anda membuat pola tersebut di kain celana, karena kita harus membuat pola depan terlebih dahulu kemudian di gunting, lalu guntingan pola bagian depan itu sebagai patokan untuk pembuatan pola celana bagian belakang.

Agar lebih jelas bagaimana proses pembuatannya silahkan Anda simak proses nya sebagai berikut, kebetulan saya mendapat jahitan celana seragam sekolah, kita jadikan saja sebagai objek untuk tutorial kali ini.

Pertama kita tempatkan kain bahan celana di lantai atau meja yang bersih pastikan bagian dalam yang ada diluarnya, jadi sebelum di tempatkan di lantai atau meja, kita balik dahulu, kain celana biasanya mempunyai lebar 150 cm dan untuk menjahit sebuah celana panjang kita membutuhkan kain sepanjang 1,25 m. setelah itu kita buat pola celana bagian depan terlebih dahulu



Kemudian gunting lah kain celana tersebut sesuai polanya dengan memberikan lebihan untuk jahitan antara 1.5 cm sampai 2 cm, untuk bagian bawah celana biasanya lebihannya  5 cm 



Setelah itu ambil selembar kain bagian depan yang sudah di gunting tersebut kemudian tempel di kain celana dengan cara di balik posisinya, dan buat pola celana bagian belakang dengan patokan dari kain pola depan tersebut.




Jika membuat pola bagian belakang sudah selesai selanjutnya tinggal kita gunting, untuk bagian lingkar pesak belakang berikan lebihan sekitar 4 cm untuk lebihan jika suatu saat celana tersebut ingin di besarkan.




Dan proses membuat pola dan menggunting bahan utama pun selesai, selanjutnya Anda tinggal menggunting bahan untuk peralatan celana tersebut dari kain sisa guntingan.

Bagaimana cukup mudah bukan? Jika masih ada yang belum di mengerti silahkan bertanya di kolom komentar.

Comments

  1. bisa di ajarkan tuk membuat sarung celana gan????

    ReplyDelete
    Replies
    1. celana sarung di buat dari pola celana biasa, hanya saja di tambahi selembar kain sarung di bagian depannya, seperti rok kebaya, nanti saya buat tutorialnya, terima kasih sudah mampir mbak

      Delete
  2. Terima kasih sudha berbagi mas, semoga jadi amal soleh.

    ReplyDelete
  3. Maaf gan kalaw penambahan lingkar lutut sama bawah kaki dari ukuran asal nya berapa ya yg ideal nya untuk celana sopan

    ReplyDelete
  4. Bang kalo mau buat anak, kek gimana caranya?

    ReplyDelete
  5. Jual pola celana pjg pria dewasa model berpluit 2 depan ?

    ReplyDelete
  6. Halo salam kenal ya kak, mau tampil dengan celana buatan sendiri tapi belum menemukan toko bahan kain yang berkualitas dengan harga murah?.. Kunjungi toko kain online kami dan dapatkan penawaran menarik lainnya.. Regards : fitinline..

    ReplyDelete

Post a Comment

silahkan bertanya tentang tutorial ini jika belum mengerti

Popular posts from this blog